Senin, 22 Agustus 2011

Legenda Narcissus

Ungkapan narsis atau narsisme berasal dari legenda Yunani. Dikisahkan dulu ada pemuda tampan putra dewa air yang bernama Narcissus, Saat dirinya sedang meminum air di suatu danau di tengah hutan, dia begitu terpesona melihat bayangannya sendiri. Walau banyak wanita-wanita dan peri-peri hutan yang jatuh cinta pada ketampanan Narcissus, tapi dia tidak ambil peduli. Setiap hari kerjanya mendatangi danau itu untuk mengagumi bayangannya sendiri.

Bisa dikatakan dia telah jatuh cinta pada dirinya sendiri...




Disuatu hari karena saking asyiknya menatap bayangannya, Ia terjatuh dan tenggelam di danau itu. Ditempat jatuhnya ia, tumbuh bunga yang lalu di beri nama Narcissus.


Tapi cerita belum berhenti sampai disini. Peri-peri hutan mendapati bahwa air danau itu telah menjadi asin karena air mata sang danau. Sang danau merasa sedih dengan kepergian narcissus.


"Tak heranlah bila kamu bersedih, karena selama ini hanya kamu yang bisa memandangi keindahan Narcissus, Bahkan kami tak mampu untuk menarik perhatian dia" ujar Peri-peri hutan. "Tapi indahkah Narcissus?" sang danau balik bertanya. "mengapa kamu bertanya seperti itu ?" tanya sang peri keheranan. Sang Danau berkata "Aku tidak mengetahuinya, saat Narcisuss berlutut di tepi danau, aku bisa melihat di kedalaman matanya bayangan keindahanku sendiri ".

Tidak ada komentar:

Posting Komentar