Senin, 20 Februari 2012

Emperor

Game yang telah diluncurkan sejak akhir tahun 2002 ini adalah sebuah game strategi dan role-playing. Game yang berlatar belakang kebudayaan dan sejarah Tiongkok ini adalah permainan sejenis Caesar III, Pharaoh yang berlatar belakang sejarah dan kebudayaan Romawi dan Mesir.
Emperor : Rise of the Middle Kingdom ini mempunyai skenario 3000 tahun sejarah dinasti kekaisaran di Tiongkok dari Dinasti Xia sampai Dinasti Sung, berakhir pada waktu tentara Mongol menyerang masuk dan mendirikan Dinasti Yuan.
Di setiap dinasti berbeda, ada pula kemajuan yang berarti dalam berbudaya. Sebelum Dinasti Zhou Timur, yang ada hanya penyembahan kepada nenek moyang dan leluhur, namun setelah itu, mulai ada kuil tempat pemujaan agama Taoisme dan Kongfucianisme. Sedangkan tempat pemujaan agama Buddha baru ada setelah Dinasti Han. Pada waktu2 tertentu, kita sebagai penguasa kota dapat mengundang “Hero” setiap agama mengunjungi kota untuk memberikan berkah bagi rakyat kota. Kita dapat melihat Shen Nung, Nu Wa yang berpakaian wanita, Bodhidharma, Konfucius ataupun Guan Gong berjalan mengelilingi kota selama waktu tertentu.
Perayaan Festival Musim Semi (Imlek) telah mulai dirayakan sejak Dinasti Xia menurut game ini. Barongsai kemudian akan mengelilingi kota sambil membunyikan petasan. Sewaktu2, kita juga akan berperang melawan bangsa penyerbu lainnya seperti bangsa Xiongnu, Mongol, Korea ataupun Tibet ataupun sesama Chinese dari kota lain.
Untuk pembangunan bangunan dalam kota, unsur Fengshui juga diperhitungkan dalam game ini. Benar2 suatu game yang cocok untuk yang ingin mengenal kebudayaan Tionghoa dan sejarah Tiongkok dari pendekatan yang lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar