Selasa, 29 Mei 2012

Buah Anggur: Manfaat Anggur Merah untuk Kecantikan dan Kesehatan


Pohon anggur bisa tumbuh dengan subur pada daerah dataran rendah. Tanaman ini membutuhkan musim kemarau panjang agar bisa tumbuh dengan baik dan juga membutuhkan intensitas cahaya matahari yang cukup tinggi. Cara menanam pohon anggur agar tumbuh, sangat mudah untuk kita lakukan. Tanamlah pohon anggur pada tanah subur yang mengandung pasir dan tanah lempung. Hal itu dilakukan agar tanaman ini tidak mengalami transpirasi secara berlebihan. Pohon ini juga tidak boleh disiram secara berlebihan, hal itu bisa menggangu proses pertumbuhan dan pembuahannya.

Buah anggur bermacam jenisnya. Di antaranya yang sangat terkenal adalah buah anggur merah, anggur hitam, anggur hijau. Budidaya anggur sudah dilakukan sejak 4000 MS di Timur Tengah. Dengan pembudidayaan secara bertahap, anggur bisa kita temui disekitar kita. Seperti halnya di pasar, di supermarket, di kebun dan ditempat lainnya. Buah ini bisa anda manfaatkan untuk dijadikan bahan minuman, dibuat jus anggur, minyak biji anggur dan kismis serta bisa juga dikonsumsi secara langsung.

Khasiat anggur untuk kesehatan tubuh sangat beragam. Kandungan senyawa metabolit sekunder, terutama golongan flavonoid dan antosianin serta resveratol sangat baik untuk kesehatan tubuh. Kandungan senyawa aktif yang ada dalam anggur bisa meningkatkan kerja sel endotelial yang berfungsi untuk melancarkan aliran darah dan ateri terkait dengan aktivitas sel-sel otot halus.

Dengan mengkonsumsi buah anggur, resiko terkena serangan jantung bisa berkurang. Kandungan senyawa antioksidan yang terkandung dalam buah ini lebih kuat daya kerjanya daripada Vitamin C dan Vitamin E. Senyawa flavonoid yang terdapat pada buah anggur bisa meningkatkan produksi lemak baik (HDL) sekaligus bisa menurunkan trigliserida atau kolestrol yang beredar dalam darah.

Selain untuk mencegah dan mengobati berbagai penyakit, anggur juga bisa kita gunakan untuk menambah kecantikan. Buah ini bisa kita manfaatkan untuk menghilangkan bekas jerawat, mencegah penuaan pada kulit, melembabkan kulit, menghilangkan garis halus pada wajah serta mencerahkan wajah. hal tersebut bisa anda dapatkan dengan cara membuat masker anggur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar