Rabu, 23 Mei 2012

Kyoto

kuil emas

Kyoto adalah kota yang pernah menjadi Ibukota Jepang dahulu kala.  Di sanabanyak kuil dan istana. Kota kuno Kyotodibangun tahun 794 Masehi sebagai ibukota Heian-kyo. Kota itu bertahan selama lebih dari 1.000 tahun sebagai ibukota Kekaisaran Jepang sebelum akhirnya pindah ke Tokyo. Sebagai kota di kaki pegunungan, Kyoto dikitari gunung dan bukit. Wajah kota penuh taman dan kuil yang dibangun dari masa berbeda, mulai dari abad kedelapan dan semuanya masih terpelihara dengan baik.
Wajah modern Kota Kyoto kini terpusat di pintu gerbang kota , Statsiun Kyoto (Kyoto Eki ) yang megah dengan warna hitam khas Kyoto bersatu dengan bangunan Supermarket Isetan dan yang terbaru adalah bangunan Big Kamera,
Perjalanan hanya 30 menit dari Osaka dengan menggunakan Shinkaishoku (Super Rapid) begitu turun di depan statsiun Kyoto , kita akan terkagum kagum dengan arsitek bangunan statsiun Kyoto ini . Untuk jalan jalan didalam kota Kyoto cukup dengan membeli card bus seharian seharga 500 , kemanapun pergi cukup dengan menunjukkan kartu tersebut ke sopir bis.
Salah satu objek wisata yang terkenal adalah Kuil Kinkakuji alias Rokuonji di Kinkakuji-cho, Kita-ku, Kyoto-shi. Selain Kinkakuji, kuil-kuil yang termasuk dalam daftar Warisan Budaya Dunia (世界文化遺産/ World Cultural Heritage) adalah Byodoin 平等院, Ginkakuji, Higashi-Honganji, Kiyomizu, Koshoji, Ninnaji, Nishi-Honganji, dan Ryoanji. Dari halte bus Kinkakuji-mae, kami harus jalan kaki menuju kuil. Tidak jauh, hanya sekitar 200 meter tetapi jalannya menanjak.
Adapun bangunan istana meliputi Katsura Palace, Kyoto Imperial Palace, dan Nijo Castle, sedangkan tempat peristirahatan kerajaan adalah Shugakuin Imperial Villa. Taman kebanggaan Kyoto, yakni Heian Jingu Shrine, taman indah yang dibangun untuk memperingati hari jadi kota Kyoto ke-1.100. Monumen Mimizuka Mound dibangun untuk memperingati perang melawan Korea (1592-1598).
Kinkakuji 金閣寺 berarti kuil Paviliun Emas. Kin dalam bahasa Jepang berarti emas金 dan memang kuil itu berlapis emas. Kuil tersebut terletak di tepi kolam buatan yakni Kyokochi. Berlokasi di perbukitan Kitayama, sebelah utara Kyoto dan dibangun tahun 1398 oleh Yoshimitsu, Shogun Ashikaga ketiga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar