Senin, 28 Mei 2012

Manfaat wortel

Tanaman wortel ini banyak mengandung beta karoten yang berkhasiat untuk mencegah terjadinya kanker, dan antioksida yang terkandung dalam wortel bisa melawan sistem destruktif  sel-sel kanker yang bekerja dalam tubuh. Khasiat wortel yang banyak mengandung beta karoten juga bisa membantu sistem kekebalan tubuh yang membentuk suatu killer cell alami.  Kanker yang bisa dicegah dengan wortel yaitu kanker servic atau leher rahim, dan cara mengkonsumsinya bisa dimakan langsung atau dibuat jus wortel.

Wortel juga bisa menurunkan kolestrol darah, dengan kandungan pectin yang dimilkinya. Serat pada sayuran ini sangat baik untuk mencegah terjadinya konstipasi, serta kandungan kalium bisa menetralkan asam dalam darah dan vitamin A bisa membantu hati menghilangkan toksin (racun). Wortel mentah yang belum dimasak mengandung sumber kaluim dan vitamin C yang baik untuk kesehatan tubuh.

Sayuran wortel ini juga bisa kita manfaatkan untuk mengobati batuk, mengatasi sembelit, meredakan nyeri saat haid, mengatasi luka bakar, mengatasi demam pada anak kecil, serta bisa mengatasi hipertensi. 

Selain berkhasiat untuk mengobati berbagai macam penyakit, manfaat wortel juga bisa kita rasakan untuk kecantikan. Dalam hal ini wortel dipercaya bisa menghaluskan wajah, caranya sangat gampang dan tidak usah pikir panjang serta tidak memiliki efek samping yang membahayakan kulit anda. Langkah yang bisa anda lakukan yaitu dengan mengambil 1 buah wortel dengan ukuran sedang, kupas dan cuci setelah itu wortel diparut. Parutan wortel tersebut bisa anda pakai dengan cara membuat masker diwajah secara merata. Tunggu beberapa menit hingga masker terasa mengering di wajah, kemudian bilas dengan air bersih. Untuk mendapatkan kulit halus secara sempurna lakukan hal itu secara rutin.

Selain untuk mengobati penyakit dan bermanfaat untuk kecantikan, manfaat wortel juga bisa kita jadikan obat sebagai penyehat mata dengan Vitamin A yang terkandung didalamnya. Seperti halnya mata minus dan rabun senja, hal itu bisa kita lakukan dengan cara biasa mengkonsumsi wortel secara rutin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar