Selasa, 29 Mei 2012

Manfaat Belimbing Wuluh


Manfaat belimbing wuluh yang bisa ketahui seperti halnya, sebagai sirup, sebagai bumbu masakan atau bisa dibuat campuran sayur, membersihkan noda pada pakaian, mengkilatakan barang yang terbuat dari kuningan, dan yang paling penting yaitu bermanfaat sebagai obat tradisional.

Obat alami yang terbuat dari belimbing wuluh biasanya untuk orang batuk. Jika anda terserang batuk anda bisa mengkonsumsi belimbing wuluh ini. Anda cukup mengambil 4 buah yang buahnya sudah agak tua, terus peras ke dalam gelas ambil airnya. Air hasil perasan dari belimbing ambil dan campur dengan sedikit gula lalu minum. Belimbing asam ini berkhasiat sebagai analgesik dan diuretik. Selain itu, belimbing wuluh bisa mengobati gusi berdarah, sariawan, sakit gigi berlubang, jerawat, panu, tekanan darah tinggi, kelumpuhan, gangguan pencernaan, dan radang rektum.

Selain buah, daun serta batangnyapun bisa dimanfaatkan sebagai obat alami. Kandungan zat kimia yang terdapat pada daun dan batangnya sangat baik untuk kesehatan tubuh kita, seperti sponim, tanin, glucoside, kalsium oksalat, sulfur, asal format, dan peroksidase yang terkandung pada batang belimbing wuluh. Juga tanin, sulfur, asal sulfat, peroksidase, kalsium oksalat dan kalium sitrat pada daunnya. Bunga belimbing wuluh juga mempunyai manfaat untuk obat sariawan dan batuk.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar